Cara tips bermain saham beli saham reksadana informasi saham blue chip trading saham terbaik di 2021

Cara tips bermain saham beli saham reksadana informasi saham blue chip trading saham terbaik di 2021

Tertarik untuk Investasi Saham? Yuk Kenali Seluk Beluknya Terlebih Dahulu

Berawal dari investasi saham, dapat menjadi pundi-pundi rupiah untuk Anda. Bagaimana tidak, main saham dengan cara yang tepat bisa sangat prospektif untuk masa mendatang. 

Namun, tentu tidak sembarang asal jual dan beli. Sebab, di dalam dunia saham juga terdapat banyak lubang yang apabila tidak berhati-hati investor justru bisa tenggelam terseret ke dalam lubang tersebut. 

Langkah-Langkah Investasi Saham untuk Pemula 

Bagi Anda yang baru pertama kali terjun dalam invest saham, boleh jadi sedang mencari bagaimana cara investasi saham. Secara umum, tidak sulit untuk berinvestasi saham. Adapun cara lengkapnya sebagai berikut:

  1. Tentukan Sekuritas dengan Biaya Transaksi yang Kecil 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk jual beli saham adalah dengan memilih perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas ini berperan sebagai fasilitator guna membuka rekening efek. Usai Anda berhasil membuat sebuah rekening, maka diharuskan untuk top up sejumlah dana tertentu ke rekening yang telah dibuka tersebut. 

Uang yang ada dalam rekening itu nantinya yang menjadi e-money guna membeli berbagai saham yang diinginkan. Dalam hal ini, alangkah baiknya untuk memilih perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi yang kecil. Biaya transaksi merujuk pada biaya pembelian dan penjualan saham. Dengan biaya yang kecil, tidak akan memotong saldo rekening terlalu besar. 

Bukan berarti sekuritas dengan biaya rendah itu tidak layak dipilih. Melainkan, baik buruknya perusahaan sekuritas bergantung pada kualitas dari pelayanan serta aplikasinya. 

1 Alokasikan Modal dengan Pertimbangan yang Tepat

Berikutnya, Anda tinggal mengalokasikan modal yang telah masuk pada e-money rekening saham. Sebaiknya, pertimbangkan secara matang sebelum membeli saham. Memang tidak membutuhkan modal besar dalam nabung saham, karena ada pula saham yang per lembarnya seharga Rp50. Artinya, untuk 1 lot yang terdiri dari 100 lembar saham tersebut seharga Rp5000.

Namun, apakah keuntungan yang akan Anda terima sudah cukup memuaskan hanya dengan memiliki saham 100 lot yang per lembarnya Rp50? Untuk itu, alangkah baiknya untuk membeli saham dengan harga yang lebih tinggi, tetapi prospektif serta memiliki analisa fundamental yang baik. 

2 Amati Pergerakan Saham dan Kondisi Pasar Modal 

Setelah berinvestasi dengan menentukan saham-saham tertentu, sebagai investor sebaiknya Anda selalu update dengan keadaan pasar modal sekaligus juga pergerakan saham. Hal tersebut bisa membuat Anda cepat tanggap dengan kondisi tertentu. Dengan tujuan, supaya dapat memutuskan strategi paling tepat dalam merespon pergerakan yang terjadi. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk investasi?  Jadi, yuk nabung saham mulai sekarang.

Keuntungan Investasi Saham Blue Chip 2021

Dalam invest saham, seringkali investor memilih saham saham blue chip. Pasalnya, terdapat banyak keuntungan ketika yang dipilih adalah saham jenis ini. Keuntungan yang pertama, yakni imbal hasil yang tinggi. Sebab, saham ini memiliki reputasi yang baik dengan kredibilitas serta kemampuannya dalam menghadapi dinamika pasar. 

Dibalik beli saham, memang terdapat risiko yang besar. Akan tetapi, dengan memilih saham yang berpredikat sebagai blue chip, risiko investasi bisa diminimalisir. Hal tersebut karena kinerja perusahaan yang konsisten untuk jangka panjang. 

Pemberian dividen pun biasanya dilakukan secara rutin dan pasti. Sehingga, sebagai investor saham tentu akan diuntungkan dengan keadaan ini. 

Trading atau Investasi Saham, Pilih yang Paling Tepat

Aspek selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai keputusan untuk trading saham atau investasi. Trading mengarah pada jual beli saham jangka pendek sehingga memungkinkan Anda untuk memperoleh imbal hasil secara cepat. Berbeda dengan investasi yang lebih berorientasi jangka panjang. Imbal hasil dari investasi memang lebih lama daripada trading, tetapi kestabilannya lebih terjamin. 

Terkait risiko, memang keduanya memiliki risiko. Asalkan menggunakan pertimbangan serta analisa yang tepat, maka risiko yang ada justru bisa diubah menjadi keuntungan. 

Mengenai investasi, reksadana saham dapat menjadi pilihan untuk Anda yang pemula dalam ranah investasi. Pasalnya melalui reksadana, cukup dengan menyetorkan dana kepada perusahaan sekuritas, nantinya imbal hasil sudah bisa diperoleh. Dalam hal ini, uang Anda akan dikelola oleh manajer investasi.