Cara invest investasi emas antam emas di pegadaian paling menguntungkan di 2021

Cara invest investasi emas antam emas di pegadaian paling menguntungkan di 2021

Begini Cara Invest Emas di Pegadaian dan Antam

Invest emas adalah produk investasi yang cukup solutif untuk sebagian besar orang. Bisa dimulai meski modal masih terbatas, bisa juga didapatkan dengan modal yang besar. Semakin banyak berat yang disimpan, semakin besar keuntungan yang didapat di masa depan.

Harga dari emas berubah-ubah seiring bertambahnya waktu, jarang terjadi keturunan karena yang paling sering adalah terjadi kenaikan. Hampir di setiap tahun harganya naik meski terkadang tidak signifikan. Inilah yang menjadikan investasi emas cukup disukai.

Untuk mulai investasi di sini, Anda harus tahu dulu jenis emas apa sebenarnya yang dimaksud. Umumnya jika yang dibicarakan adalah investasi emas, maka yang dimaksud adalah emas batang atau logam mulia. Bukannya emas perhiasan, meski sebenarnya tetap sah-sah saja berinvestasi di emas perhiasan jika memang diinginkan.

Cara Invest Emas di Pegadaian

Cara investasi emas yang akan dibahas di sini adalah jika dilakukan di Pegadaian. Sebenarnya pilihannya ada dua, yaitu untuk berinvestasi di pegadaian dan di Antam. Bagian ini akan membahas cara untuk investasi emas di Pegadaian.

  1. Siapkan Modal dan Datang ke Pegadaian

Untuk mengawali cara invest emas di Pegadaian, Anda perlu siapkan modal dulu. Beruntungnya pembelian emas di Pegadaian bisa dimulai dari berat 0,01 gram saja.

Ini memang merupakan keuntungan yang ditawarkan Pegadaian untuk siapa saja yang ingin investasi emas. Namun bukan berarti akan diberikan emas dengan berat itu setelah transaksi. Sebab emas baru bisa didapatkan jika yang ditabung atau diinvestasikan sudah setara 1 gram atau sudah bernominal cukup untuk beli emas 1 gram.

Emas yang dibicarakan adalah logam mulia (kadar 24 karat), yang harga 1 gram nya biasa berada di antara Rp850 ribu sampai Rp1 juta. Datang ke Pegadaian terdekat jika Anda sudah punya cukup modal.

  1. Mendaftarkan Diri ke Program Investasi Emas

Setelah sampai di Pegadaian, Anda harus daftar dulu untuk berinvestasi. Di sana akan ada petugas yang membantu, dan apa yang dilakukan hanyalah mengisi formulir saja. Akan diberikan pula semacam buku tabungan untuk catatan setoran investasi emas.

  1. Membeli Emas

Dengan modal berapa saja Anda akan melakukan pembelian emas. Sekali lagi, nominal minimal adalah Rp5.000 atau beli secara berat emas yaitu 0,01 gram. Terus membeli sampai nominalnya cukup untuk dijadikan emas fisik.

  1. Menjual Emas

Setelah nominalnya cukup, Pegadaian akan memberikan Anda emas fisik. Untuk dapat keuntungan dari cara investasi emas di Pegadaian Anda akan menjualnya lagi. Bukan sesaat setelah emas didapat, namun di waktu harga jualnya lebih tinggi dari harga belinya. Menunggu hingga beberapa tahun akan memberikan keuntungan lebih besar.

Cara Invest Emas di Antam

Bagian ini akan membahas prosedur invest emas di Antam. Sebenarnya caranya hampir mirip dengan prosedur sebelumnya, hanya saja ada hal yang tidak bisa dilakukan di sini.

  1. Siapkan Modal dan Datang ke Kantor Antam

Cara investasi emas di Antam adalah untuk menyiapkan modal dulu dan cari alamat kantor terdekat dari alamat Anda.

  1. Beli Emas Saat Harganya Turun

Lakukan pembelian emas, berat minimal emas fisik untuk dibeli adalah 0,05 gram. Bisa dipilih berat minimal ini atau berapa saja beratnya sesuai yang diinginkan.

  1. Jual Emas Saat Harga Naik atau Beberapa Tahun Kemudian

Kumpulkan dan simpan emas tersebut sampai harga emas naik, untuk kemudian dijual kembali.

Perbedaan Invest Emas di Pegadaian dan Antam

Secara tidak langsung sebenarnya sudah dibahas apa perbedaan invest emas Antam dan invest emas di Pegadaian. Dari segi prosedur memang hampir serupa. Kalau Anda berinvestasinya di Pegadaian, investasi emas bisa dimulai dengan modal yang terbatas. Masih ingatkah Anda bahwa nominal minimal untuk diinvestasikan ke emas adalah sebesar 0,01 gram?

Lain cerita jika Anda pilih investasi emas antam, berat terkecil yang bisa dibeli adalah sebesar 0,5 gram. Dengan begitu modal awal yang dibutuhkan lebih besar.

Hanya di bagian modal awal saja yang menjadi pembeda. Bisa diabaikan jika saat ini untuk berinvestasi Anda sudah siapkan modal besar. Semoga saja emas menjadi investasi terbaik Anda di tahun 2021 ini.